Minggu, 01 April 2012

skripsi


ABSTRAK

Endang, Sulistyorini. 2012 . Hubungan Antara Layanan Bimbingan belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMK Barunawati Surabaya. Skripsi, Program Studi : Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing: Dra. Siti Utari, M.Kes.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Belajar; Disiplin Belajar Siswa.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan disiplin belajar siswa kelas X SMK Barunawati Surabaya tahun ajaran 2011- 2012.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah Hubungan Antara Layanan Bimbingan Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMK Barunawati Surabya Tahun Ajaran 2011-2012?”
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu yang pertama layanan bimbingan belajar dan yang kedua disiplin belajar siswa.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Ada Hubungan Antara Layanan Bimbingan Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMK Barunawati Surabaya Tahun Ajaran 2011-2012”.
 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Barunawati Surabaya kelas X yang terdiri darai 6 kelas yaitu kelas X Akuntasi 1, kelas X Akuntasi 2, kelas Adminitrasi Perkantoran 1, Adminitrasi Perkantor 2, kelas X Multi Media 1, dan kelas X Multi Media 2 yang jumlah seluruhnya 200.
 Adapun sampel penelitian ini yaitu 20% dari 200 siswa adalah 40 siswa yang diambil dari masing-masing kelas.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment diperoleh angka koefisien korelasi sebesar r hitung= 0,785.
 Jadi hasil analisis yang diperoleh adalah r hitung 0,785 > r tabel 0,312 dengan taraf kepercayaan 95 , dan N=40 adalah 0,312 ternyata r hitung lebih besar dari r tabel. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara layanan bimbingan belajar dengan disiplin belajar siswa kelas X SMK Barunawati Surabaya tahun ajaran 2011-2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar